Pertempuran Perang Dunia 2 – Sisilia

invasi sisilia

Pertempuran Perang Dunia 2 – Sisilia

Setelah mengalahkan Italia dan Jerman dalam Kampanye Afrika Utara pada tanggal 8 November 1942 hingga 13 Mei 1943. Amerika Serikat dan Inggris Raya, kekuatan Sekutu terkemuka, berusaha untuk invasi pendudukan. Data Pertempuran Sisilia adalah salah satu pertempuran perang dunia 2. Eropa dan kekalahan terakhir Nazi Jerman. Sekutu memutuskan untuk melawan Italia. Berharap invasi Sekutu akan menghapus rezim fasis, mengamankan Mediterania dan mengalihkan divisi Jerman dari pantai barat laut Prancis.

Pertempuran Perang Dunia 2 di Sisilia

Invasi Sisilia, dengan nama sandi Operasi Husky, dimulai sebelum fajar pada 10 Juli 1943, dengan gabungan pendaratan udara dan laut yang melibatkan 150.000 tentara, 3.000 kapal, dan 4.000 pesawat, semuanya diarahkan ke pantai selatan pulau itu. Serangan besar-besaran ini hampir dibatalkan pada hari sebelumnya ketika badai musim panas muncul dan menyebabkan kesulitan serius bagi pasukan terjun payung yang jatuh di belakang garis musuh malam itu. Namun, badai juga menguntungkan Sekutu ketika para pembela Poros di sepanjang pantai Sisilia menilai bahwa tidak ada komandan yang akan mencoba pendaratan amfibi dalam angin dan hujan seperti itu. Pada sore hari tanggal 10 Juli, didukung oleh pengeboman angkatan laut dan udara yang menghancurkan posisi musuh, 150.000 tentara Sekutu mencapai pantai Sisilia, membawa serta 600 tank.

invasi sisilia

Pendaratan berlangsung dengan Letnan Jenderal George S. Patton memimpin pasukan darat Amerika dan Jenderal Bernard L. Montgomery memimpin pasukan darat Inggris. Pasukan Sekutu menghadapi perlawanan ringan terhadap operasi gabungan mereka. Hitler telah ditipu sehingga dia hanya meninggalkan dua divisi Jerman di Sisilia untuk memerangi tentara Sekutu. Bahkan beberapa hari setelah serangan, dia yakin bahwa itu adalah manuver pengalihan dan terus memperingatkan para perwiranya untuk mengharapkan pendaratan utama di Sardinia atau Corsica. Pertahanan Poros Sisilia juga dilemahkan oleh kerugian yang diderita tentara Jerman dan Italia di Afrika Utara, dalam jumlah korban serta beberapa ratus ribu tentara yang ditangkap pada akhir kampanye.

Pertempuran Perang Dunia 2 di Sisilia dan Kemajuan sekutu

Selama lima minggu berikutnya, pasukan Patton bergerak menuju pantai barat laut Sisilia, lalu ke timur menuju Messina, melindungi sayap pasukan veteran Montgomery saat mereka bergerak ke pantai timur pulau itu. Sementara itu, terguncang oleh invasi Sekutu, rezim fasis Italia jatuh dengan cepat ke dalam keburukan, seperti yang diharapkan Sekutu. Pada 24 Juli 1943, Benito Mussolini digulingkan dan ditangkap. Pemerintahan Italia yang baru dibentuk di bawah Marsekal Pietro Badoglio. Pietro menentang aliansi Italia dengan Nazi Jerman. Lalu segera memulai diskusi rahasia dengan Sekutu tentang gencatan senjata.

invasi sisilia 2

Pada 25 Juli, sehari setelah penangkapan Mussolini, pasukan Italia pertama mulai mundur dari Sisilia. Hitler menginstruksikan pasukannya untuk membuat rencana darurat untuk penarikan tetapi untuk terus berjuang keras melawan kemajuan Sekutu. Saat Juli beralih ke Agustus, Patton dan Montgomery dan pasukan mereka bertempur melawan pasukan Jerman yang gigih yang menggali ke daerah pegunungan Sisilia. Tentara AS dan Inggris mendorong mundur pasukan Poros semakin jauh sampai sebagian besar terjebak di sudut timur laut pulau.

Pasukan Poros Meninggalkan Sisilia

Ketika Patton dan Montgomery mendekati pelabuhan timur laut Messina, tentara Jerman dan Italia berhasil mengevakuasi 100.000 orang. Bersama dengan kendaraan, persediaan dan amunisi dan melintasi Selat Messina ke daratan Italia. Ketika tentara Amerika pindah ke Messina pada 17 Agustus 1943, Patton terkejut mengetahui bahwa pasukan musuh telah menghilang. Pertempuran untuk Sisilia dimenangkan oleh Sekutu. Tetapi kerugian Jerman tidak parah. Kegagalan Sekutu untuk menangkap pasukan Poros yang melarikan diri merusak kemenangan indah mereka. Kemajuan melawan daratan Italia pada bulan September akan membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya pasukan Sekutu lebih dari yang mereka perkirakan.